Perbandingan User Interface pada Jurnal Pembuatan Game

Jurnal 1

PEMBANGUNAN APLIKASI BANTU

DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN BERBASIS MOBILE

Penulis : M. Yanyan Herdiansyah, Irawan Afrianto

Vol. 2, No. 2, Oktober 2013

Abstrak

Al-Qur’an merupakan wahyu dari Allah SWT yang diturunkan kepada nabi Muhammad SAW. Dengan teknologi yang ada diharapkan menghafal Al-Qur’an dapat dilakukan sebaik mungkin. Kondisi ini dapat dipenuhi dengan adanya sebuah solusi yaitu dengan membangun sebuah aplikasi bantu dalam menghafal Al-Qur’an berbasis mobile, sehingga bisa diakses dimana saja berada. Menyediakan fitur-fitur yang diperlukan sesuai dengan metode yang sudah ada, yaitu bisa membaca dan mendengarkan   berulang- ulang. Berdasarkan hasil pengujian yang terdiri dari pengujian alpha dan beta, dapat disimpulkan bahwa aplikasi mobile Al-Qur’an Widget dengan platform android ini sudah memenuhi fasilitas atau fitur dalam penerapan metode menghafal Al-Qur’an, serta dapat memenuhi kebutuhan pengguna.

Latar Belakang

Al-Qur’an merupakan wahyu dari Allah SWT yang diturunkan kepada nabi Muhammad SAW. Penduduk Indonesia mayoritas merupakan Islam. Menurut data statistik akhir 2010 jumlah pemeluk agama Islam sekitar 87,18% (BPS, 2010). Salah satu amalan di agama Islam adalah mempelajari Al-Qur’an. Mempelajari Al-Qur’an yaitu dengan membaca dan menghafalnya. Berdasarkan hasil wawancara dengan pihak Ma’had Al Imarat salah satu lembaga pendidikan yang menyediakan fasilitas menghafal Al-Qur’an   di kota Bandung, saat ini lembaga pendidikan yang menyediakan fasilitas untuk menghafal Al-Qur’an masih terbatas begitu juga dengan pengajar dalam menghafal Al-Qur’an. Dalam menghafal Al- Qur’an masih menggunakan metode konvensional, ketika ingin mendengarkan suara maka harus membutuhkan peralatan berupa tape recorder, vcd player, speaker aktif dan sebagainya. Seiring dengan berkembangnya teknologi mobile khususnya sistem   operasi   Android   yang banyak diminati   oleh masyarakat secara global. Dimana sistem operasi tersebut dipasang di mobile sehingga penggunaan aplikasinya juga   bisa digunakan di mana saja dan kapanpun. Dan bisa diakses oleh pengguna dengan mudah.

Metode yang digunakan

Metode yang digunakan antara lain yaitu metode wawancara, observasi,studi kepustakaan, analisis system, pengujian serta implementasi.

Teknik yang digunakan

  • Multimedia adalah   media yang menggabungkan dua unsur atau lebih media yang terdiri dari teks, grafik, gambar, audio, video dan animasi secara terintegra
  • UML dalam sebuah bahasa untuk menentukan visualisasi, konstruksi, dan mendokumentasikan artifacts dari sistem software, untuk memodelkan bisnis, dan sistem nonsoftware lainnya.

Aplikasi yang dibuat

Aplikasi bantu dalam menghafal Al-Qur’an berbasis mobile dengan sistem operasi Android.

Kelebihan

  1. Menampilkan aplikasi secara otomatis ketika unlock smartphone untuk mempermudah dan mengefisiensikan dalam menghafal Al-Qur’an.
  2. 2. Menyediakan   fitur catatan hafalan surat dan ayat Al-Qur’an yang telah dihaf
  3. 3. Menyediakan layanan suara yang ditampilkan secara berulang-ulang.

Kekurangan

  1. Sinkronisasi suara murotal Al-Qur’an dengan animasi gambar ayat Al-Qur’an masih harus disesuaikan dengan hukum tajwi
  2. Belum adanya fitur rekam suara untuk mengecek pelafalan pengguna atau penghafal Al-Qur’an.

Jurnal 2

APLIKASI SISTEM DATABASE RUMAH SAKIT TERPUSAT PADA RUMAH SAKIT UMUM (RSU) ‘AISYIYAH PADANG DENGAN MENERAPKAN OPEN SOURCE (PHP – MYSQL)

Penulis: Anisya

Vol.15 No.2. Agustus 2013

Abstrak

Aktivitas rawat-inap di sebuah rumah sakit merupakan sebuah kegiatan yang rutin dilakukan. Pada kegiatan ini, yang dimulai dari pendaftaran (check-in) hingga keluar (check-out). Pada pengelolaan data rawat- inap ini masih ada user yang masih melakukan secara manual yang memanfaatkan peralatan kuno dan tidak akurat dalam menciptakan sebuah keputusan. Tujuan dari penelitian ini yakni membantu user khususnya rumah sakit umum aisyiyah dalam pengolahan data rawat inapnya secara elektronik dengan membangun sebuah sistem informasi yang memanfaatkan bahasa pemrograman php serta database MySQL.

Latar Belakang

Salah satu perbedaan antara dahulu dengan saat ini yaitu dalam kefektivitasan dan keefisienan dalam melakukan segala aktivitas, contohnya seperti halnya dalam pengolahan data dan dalam pengambilan keputusan untuk menyelesaikan suatu persoalan. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi telah menemukan sebuah peralatan elektronik yang memenuhi kebutuhan manusia dalam pengolahan dan pengarsipan data yang kita sebut dengan perangkat komputer.

Pekerjaan manusia yang membutuhkan bantuan komputer ini salah satunya adalah kegiatan dalam pengelolaan data rawat-inap pada rumah sakit, yang pada saat ini kebanyakan user masih melakukan secara manual, memanfaatkan peralatan yang kuno dan tidak akurat dalam menciptakan sebuah keputusan. Berdasarkan uraian diatas ingin untuk mengangkat masalah ini pada sebuah penelitian.

Metode yang digunakan

Metode yang digunakan dalam sistem ini:

  1. Blok masukan (Input Blok)

Meliputi metode-metode dan media untuk menangkap data yang   akan dimasukan, dapat berupa dokumen-dokumen dasar.

  1. Blok Model (Model Block)

Terdiri dari kombinasi prosedur, logika dan model matematik yang berfungsi memanipulasi data untuk keluaran tertentu.

  1. Blok Keluaran (Output Block)

Berupa keluaran dokumen dan informasi yang berkualitas

  1. Blok Teknologi

Untuk menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, menghasilkan dan mengirimkan keluaran serta membantu pengendalian dari sistem secara keseluruhan.

  1. Blok Basis Data (Database Block) Merupakan kumpulan data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, tersimpan     didalam     perangkat     keras komputer   dan   perangkat   lunak   untuk memanipulasi.
  2. Blok Kendali (Controls Block)

Meliputi   masalah   pengendalian   yang berfungsi mencegah dan menangani kesalahan atau kegagalan sistem.

Teknik yang digunakan

Teknik yang digunakan adalah sistem database yang open source dengan tujuan pengolahan data untuk menghasilkan informasi secara cepat dan tepat, dengan bahasa pemrograman php serta database MySQL.

Aplikasi yang dibuat

Sistem administrasi rawat inap dengan database rumah sakit terpusat pada Rumah Sakit Umum (RSU) ‘Aisyiyah Padang dengan menerapkan open source (PHP-MYSQL).

Kelebihan

Dengan diterapkan Sistem Informasi untuk pelayanan pasien rawat-inap proses administrasi menjadi lebih mudah dan cepat. Seperti dalam halnya mengetahui data dokter, data kamar yang tersedia dan dalam hal pelaporan Data Rawat- Inap kepada Kepala Rumah Sakit.

Kekurangan

Disini kekurangannya adalah sistem yang dibuat hanya sistem administrasi rawat inapnya saja.

Tabel Perbandingan

Judul Jurnal Interface atau Button Hardware & Software Teknik
Pembangu

nan Aplikasi Bantu dalam Menghafal Al-Qur’an

Tampilan Splash Screen

a

Tampilan halaman utama

a1

Hardware: platform pc/laptop dan sistem operasi windows.

Software:

-Multimedia adalah   media   yang menggabungkan dua   unsur atau   lebih media yang terdiri dari teks, grafik, gambar, audio, video dan animasi secara terintegrasi.- UML dalam sebuah bahasa
Aplikasi Sistem Database Rumah Sakit Umum (RSU) ‘Aisyiyah Padang dengan Menerapkan Open Source (PHP-MYSQL) Tampilan halaman utama

 a3

Hardware: platform pc/laptop dan sistem operasi windows.

Software: XAMPP, MySQL, browser

Teknik yang digunakan adalah sistem database yang open source dengan tujuan pengolahan data untuk menghasilkan informasi secara cepat dan tepat, dengan bahasa pemrograman php serta database MySQL.

 

Leave a comment